Kegiatan
Belajar 1 | Kegiatan
Belajar 2 | Kegiatan
Belajar 3 | Rangkuman
| Daftar
Pustaka | Tes Akhir
Modul
|
KUNCI
TUGAS
|
Kegiatan 1:
I.
|
1.
|
B
|
|
6.
|
C
|
|
2.
|
C
|
|
7.
|
B
|
|
3.
|
A
|
|
8.
|
E
|
|
4.
|
D
|
|
9.
|
D
|
|
5.
|
E
|
|
10.
|
A
|
II.
|
1.
|
-
|
berusaha
memiliki logam sebanyak-banyaknya
|
|
|
-
|
menggalakkan
perdagangan luar negeri
|
|
|
-
|
kegiatan
industri memproduksi bahan jadi
|
|
|
-
|
meningkatkan
pertambahan penduduk untuk tenaga kerja
|
|
|
-
|
negara
mengawasi dan turut campur dalam perekonomian
|
|
|
|
|
|
2.
|
Dampak
positif : misalnya
|
|
|
|
-
|
harga
murah
|
|
|
-
|
peningkatan
mutu hidup karena berbagai penemuan memudahkan umat manusia memenuhi
kebutuhannya
|
|
|
Dampak
negatif adalah :
|
|
|
|
-
|
Pemerasan
terhadap tenaga kerja karena rendahnya upah buruh
|
|
|
-
|
Pencemaran
lingkungan akibat kegiatan industri
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ya
– munculnya berbagai undang-undang untuk memperbaiki nasib kaum buruh maupun
masyarakan kecil yang lain terutama factory Act serta Poor Law
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Memerintah
tanpa adanya: UUD, kepastian hokum. Pengawasan DPR, anggaran belanja yang jelas
serta perintahnya menjadi undang-undang bagi negara.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Untuk
menyelamatkan para pemimpin rakyat yang dipenjara serta memperoleh senjata
yang disimpan disitu.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Kebaikan
Napoleon:
|
|
|
|
-
|
membangkitkan
kembali nsionalisme Perancis, memperbaiki sistem pajak, memajukan pendidikan
maupun hukum. Code Napoleon berpengaruh ke Indonesia
|
|
|
kelemahan
|
|
|
|
-
|
menyengsarakan
rakyat dalam perang koalisi
|
|
|
-
|
praktek
nepotisme
|
|
|
-
|
kaisar
yang ambisius berlebihan
|
Kegiatan 2:
I.
|
1.
|
B
|
|
6.
|
E
|
|
2.
|
D
|
|
7.
|
A
|
|
3.
|
A
|
|
8.
|
A
|
|
4.
|
B
|
|
9.
|
C
|
|
5.
|
C
|
|
10.
|
D
|
II.
|
1.
|
karena
Spanyol hanya berhak menduduki daerah dari Amerika Latin (Mexico) ke Barat
sampai di Phillipina, Jadi Maluku menjadi hak Portugis.
|
|||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
2.
|
|
|||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
3.
|
-
|
Tanah
yang digunakan melebihi 1/5 tanah penduduk
|
||||||||||||
|
|
-
|
waktu
untuk bekerja di lokasi perkebunan Belanda bagi rakyat yang tak punya tanah
melebihi waktu tanam padi
|
||||||||||||
|
|
-
|
kerugian
bukan karena kesalahan petani dibebankan kepada petani
|
||||||||||||
|
|
-
|
hasil
panen yang melebihi pajak yang harus dibayar ternyata tidak dikembalikan
kepada petani
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
4.
|
Segi
positif selama Raffles memerintah :
|
|||||||||||||
|
|
-
|
melarang
perbudakan
|
||||||||||||
|
|
-
|
menghapus
kerja rodi dan penyerahan wajib
|
||||||||||||
|
|
-
|
menyusun
sejarah jawa yang dapat memperkaya pengetahuan masa lampau kita
|
||||||||||||
|
|
-
|
penemuan
flora, Rafflesia Arnoldi
|
||||||||||||
|
|
-
|
merintis
pembangunan Kebun Raya
|
||||||||||||
|
|
Segi
negatif :
|
|||||||||||||
|
|
-
|
banyak
benda purbakala Indonesia di angkut ke Calcutta antara lain prasasti
Airlangga.
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
5.
|
|
Kegiatan 3:
I.
|
1.
|
A
|
6.
|
E
|
11.
|
D
|
|
2.
|
E
|
7.
|
C
|
12.
|
B
|
|
3.
|
B
|
8.
|
B
|
13.
|
A
|
|
4.
|
C
|
9.
|
B
|
14.
|
C
|
|
5.
|
D
|
10.
|
A
|
15.
|
E
|
II.
|
1.
|
Untuk
memadamkan sementara perlawanan kaum Padri karena Belanda masih sibuk
menghadapi perlawanan Diponegoro di Jawa.
|
|
|
|
|
2.
|
Melalui
perintah Patih Danudirjo IV, dibuatlah patok-patok jalan kereta api melewati
api makam leluhur Pangeran Diponegoro tanpa ijin terlebih dahulu.
|
|
|
|
|
3.
|
Rakyat
Bali semuanya gugur dalam mempertahankan benteng Jagaraga tanggal 19 April
1849.
|
|
|
|
|
4.
|
Setelah
Pengeran Antasari sebagai pemimpin perlawanan perang Banjar wafat, puteranya
yang bernama Pangeran Muhamad Seman melanjutkan perlawanan terhadap Belanda.
|
|
|
|
|
5.
|
Pasukan
polisi militer Belanda yang sangat berani dikerehkan untuk memadamkan Perang
Padri dipimpin oleh Letnan Kolonet Van Heutz dan perang Tapanuli dipimpin
oleh Kapten Hans Christoffel.
|
Posting Komentar