Kegiatan
Belajar 1 | Kegiatan
Belajar 2 | Kegiatan
Belajar 3 | Rangkuman
| Daftar
Pustaka | Tes Akhir
Modul
Kegiatan 3
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.
|
Sebab
khusus berkobarnya perlawanan rakyat Saparua tahun 1817 terhadap Belanda
adalah …..
|
|
|
A.
|
penolakan
residen Belanda untuk membayar harga perahu yang dipesan dari rakyat.
|
|
B.
|
Penolakan
rakyat atas peraturan wajib berupa ikan asin, dan dendeng kepada Belanda
|
|
C.
|
Rakyat
tidak mendapatkan pendidikan karena banyak guru diberhentikan
|
|
D.
|
Rakyat
menolak wajib bekerja di perkebunan milik Belanda
|
|
E.
|
Pengurangan
jumlah pendeta sehingga rakyat tidak dapat menjalankan ibadahnya.
|
2.
|
Dalam
menindas perlawanan, Belanda menggunakan siasat adudomba. Untuk menyelesaikan
perang Padri, Belanda mengirim pasukan dari Jawa pimpinan ………
|
|
|
A.
|
Mangkubumi
|
|
B.
|
Danudirjo
IV
|
|
C.
|
Untung
Suropati
|
|
D.
|
Kyai
Mojo
|
|
E.
|
Sentot
Alibasa Prawirodirjo
|
3.
|
Perang Padri berubah menjadi perang kolonial setelah
rakyat menyadari bahwa Belanda ……..
|
|
|
A.
|
tidak
menaati perjanjian yang telah disepakati
|
|
B.
|
ingin
menguasai seluruh Sumatra Barat
|
|
C.
|
membantu
kaum adat untuk mendapat keuntungan
|
|
D.
|
melarang
penyebaran agama islam
|
|
E.
|
merebut
benteng Imam Bonjol
|
4.
|
Perhatikan
pernyataan di bawah ini!
1. mempertahankan tradisi dan adat 2. menganut hukum waris matrilinial 3. menganut hukum waris patrilinial 4. pedoman hidupnya Al’Quran dan Hadist 5. menghormati pendapat golongan adat Ciri kehidupan kaum Padri di Sumatra Barat adalah ............ |
|
A.
1, 2
B. 2, 4 C. 3, 4 D. 3, 5 E. 4, 5 |
6.
|
Perjuangan Diponegoro menentang penjajah disebut juga
perang Jawa karena bergolak di berbagai daerah dan didukung lapisan
masyarakat Jawa kecuali …………
|
|
|
A.
|
memperkuat
pertahanan Belanda
|
|
B.
|
melindungi
pasukan Belanda
|
|
C.
|
memusatkan
pertahanan di daerah lawan
|
|
D.
|
mengacaukan
perhatian musuh
|
|
E.
|
mempersempit
ruang gerak lawan
|
7.
|
Secara ekonomi, salah satu sebab perang Diponegoro adalah
tindakan pemerintah Belanda sangat menyengsarakan rakyat terutama masalah ……
|
|
|
A.
|
Kewajiban
bekerja di perkebunan milik Belanda
|
|
B.
|
Paksaan
menyetorkan seluruh hasil bumi rakyat
|
|
C.
|
Berbagai
macam pajak misalnya pajak tanah dsb.
|
|
D.
|
Wajib
bekerja secara sukarela untuk pemerintah Belanda
|
|
E.
|
Wajib
mengembalikan uang sewa tanah yang diterimanya.
|
8.
|
Perhatikan
pernyataan di bawah ini :
1. kematian di medan pertempuran merupakan kehormatan 2. lebih baik mati dalam pertempuran dari pada hidup menderita 3. orang yang mati dalam pertempuran akan masuk surga 4. kematian yang sempurna adalah gugur di medan perang 5. bagi seorang ksatria tidak mengenal istilah menyerah |
|
Tiga
dasar utama yang melandasi rakyat Bali melakukan perang puputan yaitu …………..
|
|
A.
1, 2, 3
B. 1, 3, 5 C. 2, 3, 4 D. 2, 3, 5 E. 3, 4, 5 |
9.
|
Perang
Bali yang berkobar tahun 1846-1849 disebabkan karena Belanda ……
|
|
|
A.
|
ingin
menghapus sistem kasta di Bali
|
|
B.
|
menolak
untuk menghargai hak tawan karang
|
|
C.
|
memaksakan
monopoli kekuasaan
|
|
D.
|
tidak
menghargai adat istiadat umat hindu di Bali
|
|
E.
|
melarang
hubungan raja Bali dengan bangsa asing lain
|
10.
|
Ada kesamaan sebab perlawanan Diponegoro dengan rakyat
Banjar yaitu Belanda turut campur dalam pengangkatan pejabat di istana. Hanya
orangorang yang menguntungkan Belanda yang diangkat yaitu ....…
|
|
|
11.
|
Untuk menghadapi masuknya kekuasan Belanda di Aceh sejak
keluarnya Traktat Sumatra tahun 1871, usaha yang dilakukan Raja Mahmudsyah
mulamula adalah ......
|
|
|
A.
|
membangun
benteng yang kuat di Kotaraja
|
|
B.
|
melatih
pasukannya dengan semangat jihad
|
|
C.
|
menyatukan
kaum ulama dan bangsawan
|
|
D.
|
mencari
bantuan dari turki, Amerika Serikat dan Italia
|
|
E.
|
mempertahankan
Aceh sebagai negera penyangga.
|
12.
|
Dr. Snouck Hurgronye ditugasi oleh Belanda untuk
memenangkan erang Aceh dengan cara …………………..
|
|
|
A.
|
menjalin
hubungan yang harmonis dengan rakyat Aceh
|
|
B.
|
mengadakan
penelitian sosial budaya rakyat Aceh
|
|
C.
|
memperbaiki
kehidupan sosial rakyat Aceh
|
|
D.
|
menyebarkan
ilmu pengetahuan dan budaya ke Aceh
|
|
E.
|
membujuk
rakyat Aceh untuk menyerahkan diri
|
13.
|
Tindakan
Sisingamangarja XII yang pantas diteladani dalam perang melawan Belanda
adalah ……………………………………………….
|
|
|
A.
|
pantang
menyerah sekalipun keluarganya ditangkap Belanda, tetap berjuang hingga gugur
|
|
B.
|
menolak
kehadiran Belanda yang ingin menghapus adat istiadat nenek moyangnya.
|
|
C.
|
dengan
senjata seadanya namun penuh keberanian menyerang markas Belanda di Tarutung
|
|
D.
|
sekalipun pusat pertahannya di Bukkara dikuasai Belanda,
ia tidak mudah takluk kepada musuh.
|
|
E.
|
Menolak
tawanan Belanda untuk menyerah dan mendapat imbalan yang menguntungkan
|
14.
|
Perlawanan
rakyat di berbagai daerah dalam menentang penjajah mudah dipatahkan karena ….
|
|
|
A.
|
Senjatanya
tidak lengkap
|
|
B.
|
Pemimpin
kurang berwibawa
|
|
C.
|
Sangat
tergantung kepada pemimpin
|
|
D.
|
Tidak
didukung oleh seluruh masyarakat
|
|
E.
|
Para
pemipinnya mudah menyerah
|
15.
|
Perlawanan
rakyat terhadap pemerintah Kolonial Belanda pada abad 19 hampir merata
terjadi di seluruh Indonesia karena ……
|
|
|
A.
|
Perjuangan
sudah dilakukan secara terorganisir
|
|
B.
|
Adanya
kesadaran nasional untuk menentang penjajah
|
|
C.
|
Hapusnya
tanam paksa yang merugikan rakyat
|
|
D.
|
Belanda
mempraktekkan politik etika di seluruh Indonesia
|
|
E.
|
Belanda
ingin mewujudkan para Pax Netherlandica keserluruh Nusantara.
|
II.
|
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!
|
|
|
1.
|
Jelaskan
alasan Belanda melakukan perjanjian perdamaian dengan kaum Padri tahun 1824,
1825
|
|
2.
|
Tuliskan peristiwa yang secara langsung menyulut kemarahan
Diponegoro untuk menentang Belanda.
|
|
3.
|
Berikan
bukti bahwa rakyat Bali konsekuen dalam melaksanakan perang puputan
|
|
4.
|
Anak yang baik adalah anak yang sanggup menjaga nama baik
keluarga dan melanjutkan cita-cita luhur orangtuanya. Buktikan pernyataan ini
pada perlawanan rakyat Banjar.
|
|
5.
|
Apakah yang Anda ketahui tentang pasukan marsose dan
peperangan manakah pasukan tersebut dikerahkan Belanda ?
|
Setelah Anda menyelesaikan jawaban
atas soal-soal terebut kemudian bukalah halaman belakang modul ini untuk
mencocokkan kunci jawbanyang telah tersedia/ Tanamkan kesadaran Anda bahwa
bukan hanya pengetahuan yang dapat Anda petik dari belajar materi ini,
melainkan juga nilai-nilai yang bisa diteladani, dapat Anda gunakan untuk
menapaki hidup Anda berkutnya.
Selamat belajar, semoga berhasil.
Posting Komentar