Headlines News :
Home » » Religion Can Not Change the Character

Religion Can Not Change the Character

Written By Mas Wanto on 15 Juli 2012 | Minggu, Juli 15, 2012


 Religion Can Not Change the Character
( Agama Tidak Bisa Mengubah Watak)


PERANG dunia dilakukan oleh siapa? Oleh orang-orang yang beragama ataupun tidak beragama. Terorisme dilakukan oleh siapa? Oleh orang-orang yang beragama dan tidak beragama. Korupsi dilakukan oleh siapa? Oleh orang-orang yang beragama dan tidak beragama. Namun, sebagian besar pelakunya adalah umat beragama.
Apakah agama?
Semua agama di dunia adalah merupakan pedoman tingkah laku. Pada dasarnya semua agama hanya mengajarkan dua hal. Pertama, melaksanakan semua perintah agama. Kedua, menjauhi semua larangan agama.
Apakah manusia?
Ketika manusia lahir, maka dia adalah seorang bayi yang suci murni. Putih bersih tanpa dosa. namun dalam perkembangannya, lingkungan akan mempengaruhi dirinya. Mulai dari lingkungan rumah, tetangga, sekolah, kampus, kantor dan bahkan media massa cetak dan audio visual juga bisa mempengaruhi watak seseorang.
Mempengaruhi cara berpikir dan berlogika
Semua lingkungan berpengaruh terhadap pola berpikir dan berlogika tiap orang. Ada pikiran positif ada pikiran negatif. Begitu banyak persoalan hidup sehingga terkadang sulit membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak.
Manusia punya iman
Jika sejak usia dini diberikan pendidikan agama yang benar, maka besar kemungkinan dia akan berkembang menjadi manusia yang baik.
Namun, sebaik-baiknya orang, akan dipengaruhi lingkungan yang demikian dahsyatnya, sehingga orang yang imannya kuatpun kadang-kadang tergoda dan berbuat tidak baik.
Bisikan setan
Perbuatan buruk bisa saja terjadi apabila manusia mengikuti bisikan setan. Mengikuti pikiran-pikiran negatif. Akhirnya manusiapun kalah dan akan mengikuti bisikan setan. maka terjadilah watak dan perilaku yang buruk.
Watak
Watak manusia ada yang relatif permanen dan ada yang relatif tak permanen. Mengubah watak yang relatif permanen hampir tidak mungkin. Sedangkan mengubah watak yang relatif tidak permanen relatif lebih mudah.
Tergantung motivasi
Sesungguhnya yang mampu mengubah watak seseorang bukanlah agama, melainkan motivasi, niat, kemauan yang kuat atau nawaittu yang sangat kuat. Dengan motivasi yang sangat kuat, maka Tuhan akan memberikan jalan.
Bertaubat dan Hidayah
Orang yang benar-benar punya motivasi yang sangat kuat untuk mengubah watak dan perilakunya yang buruk, mau bertobat sungguh-sungguh, niscaya Tuhan akan memberikan jalan menuju hidayah. Dan atas restu Tuhan, maka Tuhanpun menyetujui perubahan watak itu. Bukan Tuhan yang mengubah watak manusia, tetapi manusia itu sendiri. Bukan agama yang mengubah watak manusia, tetapi manusia itu sendiri. Tuhan hanya merestui. Hidayah tidak bisa ditunggu, tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus dimohon dengan segala keseriusan.
Catatan
-Saudi Arabia merupakan “Negara yang Paling Islam” di dunia, toh angka kejahatan di negara tersebut cukup tinggi.
-Indonesia merupakan negara yang penduduk Islamnya terbanyak di dunia, toh korupsinya paling tinggi di dunia.

Sumber : ffugm.worldpress.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Wanto Template | Find The World
Copyright © 2013. Find The World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Published by Mas Wanto
Proudly powered by Find The World