Headlines News :
Home » » Renaissance

Renaissance

Written By Mas Wanto on 14 Oktober 2012 | Minggu, Oktober 14, 2012





Renaissance http://sarvirawantheworld.blogspot.com/2012/10/renaissance.html

Tahukan Anda apa arti Renaissance? Secara etimologi Renaissance berasal dari bahasa Latin yaitu kata Re berarti kembali dan naitre berarti lahir. Secara bebas kata Renaissance dapat diartikan sebagai masa peralihan antara abad pertengahan ke abad modern yang ditandai dengan lahirnya berbagai kreasi baru yang diilhami oleh kebudayaan Eropa Klasik (Yunani dan Romawi) yang lebih bersifat duniawi.

Menurut pendapat para ahli sejarah, Renaissance awalnya dimulai di Italia. Mengapa demikian? Setelah runtuhnya Romawi Barat tahun 476M, Italia mengalami kemunduran, kota-kota pelabuhan menjadi sepi. Selama abad 8-11 perdagangan di laut Tengah dikuasai oleh pedagang muslim. Sejak berlangsung perang salib (abad 11-13) pelabuhan-pelabuhan di Italia menjadi ramai kembali untuk pemberangkatan pasukan perang salib ke Palestina. Setelah perang salib berakhir pelabuhan-pelabuhan tersebut berubah menjadi kota dagang yang berhubungan kembali dengan dunia timur. Muncullah Republik dagang di Italia seperti Genoa, Florence, Venesia, Pisa di Milano. Kota-kota ini dikuasai oleh para pengusaha serta pemilik modal yang kaya raya disebut golongan borjuis antara lain keluarga Medicci dari Florence. Mereka mendorong terjadinya pendobrakan terhadap polapola tradisional dari abad pertengahan. 

Selain kaum borjuis berkembangnya Renaissance juga karena peranan golongan Humanisme. Siapakan kaum humanis itu? Mereka merupakan kelompok orang yang mengabdikan hidupnya untuk mempelajari dan mendalami buku-buku karya Pusataka Klasik antara lain buah pikiran Sokrates, Plato dan para filsuf Yunani yang lain. Kaum Humanis terdiri dari sastrawan, seniman, ahli agama/teologi., guru kaum borjuis, orator (ahli pidato) dan sebagainya.
Sikap hidup kaum Humanis antara lain :
1.
kritis dan tidak mudah percaya tanpa bukti nyata (skeptis)
2.
menentang terhadap tradisi lama
3.
sekularisme (sikap mengutamakan keduniawian dan hidup di dunia ini). Hal ini dikenal melalui pandangan hidupnya berbunyai “Carpe Diem” (nikmatilah hidup) yang bertolak belakang dengan pandangan hidup pada abad pertengahan yaitu “ momento mori” (ingatlah hari sesudah mati)
4.
record breaker, memecahkan rekor menghasil karya-karya yang terkenal

Siapakah tokoh-tokoh Renaissance dan humanisem yang perlu Anda ketahui?
1.
Para Seniman dari Italia yaitu


a.
Leonardo da Vinci (1452-1519) salah satu lukisannya berjudul “Monalisa” yang terkenal dapat anda simak pada gambar di samping ini.
b.

Michelangelo Buonarroti (1475-1564). Beberapa lukisan dan patung hasil karyanya yang indah menghiasi gereja Santo Petrus di Roma antara lain patung “Pieta”
c.
Dante Alighieri 1265-1321 karyasastranya berjudul “Devina Comedia”
d.
Raphael (1483-1520)
e.
Lorenzo Valla
f.
Picodela Mirandola.




2.
Dari Belanda antara lain:


a. Desiderwis Erasmus (1469-1536) seorang pemulis yang mengikuti jejak Sokrates
b. Rembrant 1607-1669 pelukis dengan ciri menampilkan kontras antara gelap dan terang.



3.
Dari Inggris


a.
Thomas More (1478-1535) karya sastranya berjudul "Utopia"
b.
William Shakespeare 1546-1616 karya sastranya antara lain: Julius Caesar, Hamlet, Macbeth, Romeo and Yuliet, Merchant of Venice.
Revolusi besar dalam ilmu pengetahuan baru terjadi pada jaman modern kurang lebih abad 17 namun Renaissance dapat dianggap sebagai masa persiapan. Hasil karya golongan Humanis memberi sumbangan berharga contoh: karya Leonardo dan Vinci berupa mesin bubut, pompa, alat peperangan, pesawat terbang. Selain itu masih ada penemuan lain yaitu mesin cetak, mesiu, kompas magnetic, peta dan lain-lain.
Sampai di sini uraian mengenai Renaissance. Untuk menguji pemahaman diri Anda mengenai materi pelajaran yang telah dikuasai, jawablah beberapa pertanyaaan di bawah ini dengan seksama.
1.
Sejarah Eropa klasik bersumber pada dua unsur peradaban yaitu …………….
2.
Pengertian Renaissance adalah ………..
3.
Faktor perndorong Renaissance lahir di Italia yaitu ………………………
4.
Apakah pengertian Sekularisme itu?
5.
Dua orang seniman Italia pada masa Renaissance dan hasil karyanya masingmasing adalah ………
6.
Bukti bahwa Renaissance berperan penting terhadap revolusi ilmu pengetahuan pada jaman modern adalah ……

Untuk menyakinkan pemahaman Anda, cocokkan jawaban Anda dengan uraian di bawah ini.
1.
Peradaban Yunani dan Romawi
2.
Suatu masa peralihan antara jaman pertengahan dengan jaman modern di Eropa berupa lahirnya kreasi baru yang diilhami oleh budaya Eropa Kalsik.
3.
Munculnya peranan golongan borjuis yang terdiri dari kaum pengusaha dan pemilik modal yang mendobrak pola tradisional dari jaman abad pertengahan serta peranan kaum humanis yang mendalami karya pustaka klasik Eropa.
4.
Sikap mengutamakan keduniawian dan hidup di dunia ini dengan semboyan Carpe Diem (nikmatilah hidup)
5.
Leonardo da Vinci dengan karyanya berupa lukisan “Monalisa”, Michelangelo dengan karya patungnya diberi nama “Pieta”
6.
Hasil karya masa Renaissance memberi sumbangan besar untuk revolusi ilmu pengetahuan modern misalnya mesin bubut, mesin cetak, kompas magnetic, peta dll.
Apakah jawaban Anda sudah sesuai? Bagus!
Kini Anda dapat melanjutkan pada uraian berikutnya mengenai timbulnya negara Nasional.



Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Wanto Template | Find The World
Copyright © 2013. Find The World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Published by Mas Wanto
Proudly powered by Find The World