Headlines News :
Home » » Rangkuman

Rangkuman

Written By Mas Wanto on 14 Oktober 2012 | Minggu, Oktober 14, 2012





RANGKUMAN


Selamat, Anda telah selesai mempelajari modul 1, tentang Pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan Imperialisme Barat. 

Selama 13 X 45 menit lamanya Anda telah memepelajari modul ini tentu Anda telah memahami pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dengan baik. 

Pokok-pokok terpenting yang telah Anda pelajari pada modul ini adalah:
A.
Peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara abad 14-18 meliputi Renaissance, timbulnya negara-negara nasional di Eropa, Reformasi Gereja, Revolusi industri Revolusi Perancis.




Berbagai hal terlah Anda petik dengan mempelajari peristiwa-peristiwa di atas antara lain:

-
Kita perlu bersikap kritis dan memanfaatkan pengetahuan-pengetahuan baru untuk kemajuan dan kesejahteraan manusia seperti yang dicanangkan oleh gerakan renaissance.




-
Belajar dari kesalahan para penguasa di jaman abad pertengahan dapatlah dengan jiwa besar menerima kritikan dari pihak lain untuk kembali kepada ajaran dan norma-norma dasar seperti yang dilakukan oleh gerakan Reformasi. Sebagai bangsa yang telah meninggalkan keterpurukan hidup akibat negatif mara orde Baru maka kita perlu berjuang keras agar gerakan reformasi sekarang dapat mencapai sasaran.




-
Sebagai generasi muda Anda dapat mengembangkan temuan teknologi dengan ispirasi dari perjuangan tokoh-tokoh penemu dimasa revolusi industri seiring dengan tantangan kita memasukia abad teknologi dan komunikasi modern ini.



B.
Masuknya kekuatan-kekuatan asing dan berkembangnya kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia yang meliputi masuknya kekuatan-kekuatan asing di Indonesia, terbentuknya VOC, terbentuknya pemerintah kolonial Hindia Belanda di Indonesia, sistem tanam paksa dan usaha swasta serta akibat perluasan, kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.




Dengan mempelajari pelaksanaan tanam paksa yaitu adanya tindakan para pegawai pemerintah, Bupati dan Kepala desa yang menyelewengkan aturan tanam paksa hanya untuk mengejar insentif/perangsang yang disebut cultuur procenter maka tindakan tersebut harus dicegah. Sebagai aparat yang baik tidak selayaknya memeras rakyat dan menggunakan wewenang dan jabatan untuk memperkaya diri. Dengan bekerja jujur, Insya Allah rejeki yang diperoleh dari Tuhan akan menjadi berkat bagi keluarga.



C.
Perlawanan di berbagai daerah di Indonesia dalam menentang dominasi asing pada abad 19. Rincian materinya meliputi proses perang di daerah: Maluku, Sumatra Barat, Jawa, Bali, Banjar/Kalimantan Selatan, Aceh dan Tapanuli kemudian sebuah kesimpulan berupa struktur perlawanan bangsa Indonesia tersebut :




Hal-hal yang dapat kita petik manfaatnya dari berbagai perlawanan ini antara lain: Untuk menghadapi ancaman dari luar yang akan menggangu kedaulatan kita, perlu adanya rasa persatuan yang mantap bukan saling berelisih yang hanya akan menguntungkan musuh. Persatuan dan kesatuan antara Kaum Padri dan Kaum adat di Sumatra Barat atau antara Teuku dan Teungku di Aceh patut kita teladani. Perlu dipupuk terus tekad persatuan di Indonesia sehingga berbagai kasus seperti peristiwa di Ambon, Poso dan tempat-tempat lain tak terulang lagi.

Untuk mengukur kemampuan Anda, kerjakanlah soal-soal yang telah disediakan sebagai tes akhir modul. Bekerjalan dengan teliti untuk memperoleh prestasi yang memuaskan.

Bila Anda telah selesai mengerjakan soal tersebut mintalah hasil tes Anda kepada Guru bina Anda. Jika Anda berhasil menjawab 80% betul atau lebih. Berarti Anda telah mamahami isi modul ini dengan baik. Selamat untuk Anda! Namun jiga jawaban Anda kurang dari 80% yang betul,jangan Anda patah semangat. Cobalah dipelajarai kembali materi yang dirasa kurang dipahami. Niscaya Anda akan menemukan jalan keluar.

Pelajarilah buku Paket serta buku-buku penunjang yang dapat menambah wawasan pengetahuan Anda.
Jangan lupa tetap tekunlah beribadah dan belajar Semoga berhasil.


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Wanto Template | Find The World
Copyright © 2013. Find The World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Published by Mas Wanto
Proudly powered by Find The World