Headlines News :
Home » » Pendahuluan

Pendahuluan

Written By Mas Wanto on 6 Oktober 2012 | Sabtu, Oktober 06, 2012




PENDAHULUAN


Selamat atas keberhasilan anda menyelesaikan pelajaran di kelas I. Memasuki jenjang belajar di kelas II. Anda masih akan melanjutkan belajar sejarah dengan pokok bahasan yang kurun waktunya lebih maju sesuai dengan perjalanan sejarah secara kronologis yaitu dari masa lampau ke masa kini dan yang akan datang.

Modul 1 ini akan mengantarkan anda untuk memahami pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat.

Melalui kegiatan belajar 1 ini, Anda dapat memahami peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara abad 14-18 yaitu Renaissance, tumbuhnya negara Nasional di Eropa, Repormasi Gereja, munculnya Revolusi Industri serta Revcolusi Perancis dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia.

Pada kegiatan belajar 2 Anda dapat memahami masuknya kekuatan-kekuatan asing dan berkembangnya kolonialisme Barat di Indonesia yang meliputi uraian tentang Kongsi perdagangan, perluasan kolonialisme dan imperialisme, terbentuknya pemerintah kolonial Hindia Belanda di Indonesia. Berlakunya sistem tanam paksa dan usaha swasta serta akibat perluasan kolonialisme dan imperalialisme di Indonesia.

Adapun kegiatan belajar 3, Anda dapat memahami perlawanan di berbagai daerah di Indonesia dalam menentang dominasi asing.

Untuk memudahkan Anda mempelajari modul serta memperluas wawasan, baca pula buku-buku lain yang berkaitan dengan materi ini. Selesaikanlah tugas-tugas yang diberikan dan jangan ragu untuk bertanya kepada teman-teman sejawat, apabila Anda mengalami kesulitan.

Untuk memahami keseluruhan isi modul ini maka ikutilah petunjuk di bawah ini dengan seksama.
1.
Bacalah setiap penjelasan yang diberikan dengan cermat. Anda jangan tergesa-gesa agar dapat memahami isi modul ini dengan benar.
2.
Jika dalam uraian materi terdapat latihan soal untuk menguji lebih jauh pemahaman Anda, maka kerjakanlah sesuai arahan.
3.
Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari modul ini adalah 270 menit untuk kegiatan 1, 180 menit untuk kegiatan 2 dan kegiatan 3 selama 135 menit.
4.
Untuk mempermudah pemahaman Anda dalam mempelajari modul ini usahakan untuk mempelajari peta dunia maupun peta Indonesia.
5.
Setelah Anda merasa paham, kerjakanlah latihan soal yang ada pada akhir kegiatan ini, kemudian cocokanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban yang ada di halaman belakang modul ini. Sebelum selesai mengerjakan seyogyanya Anda tidak melihat kunci jawaban.
6.
Jika jawaban Anda masih banyak yang tidak sesuai dengan kunci jawaban maka bacalah kembali bagian-bagian tersebut sampai Anda benar-benar paham.


Semoga Anda lebih sungguh-sungguh dalam memahami modul satu ini agar Anda dapat memperoleh sukses yang diharapkan.



Selamat belajar, semoga sukses!


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Wanto Template | Find The World
Copyright © 2013. Find The World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Published by Mas Wanto
Proudly powered by Find The World