Headlines News :
Home » , » Tumbuhnya Negara Nasional

Tumbuhnya Negara Nasional

Written By Mas Wanto on 7 Oktober 2012 | Minggu, Oktober 07, 2012

Kegiatan Belajar 1 | Kegiatan Belajar 2 | Kegiatan Belajar 3 | Latihan | Rangkuman | Daftar Pustaka | Tes Akhir Modul

Tumbuhnya Negara Nasional

Yang dimaksud negara nasional di Eropa adalah negara-negara yang diperintah oleh bangsa sendiri. Terbentuknya negara nasional pada mulanya didasarkan pada adanya persamaan bahasa atau kebudayaan baru kemudian atas kesadaran nasional. Negara nasional pertama yang terbentuk serta mencapai kesatuan di Eropa Barat yaitu. Spanyol, Portugal, Inggris, Perancis dan Belanda. Pada uraian berikut dapat Anda pelajari terbentuknya negara-negara itu sebagai berikut:
a.
Spanyol

Latar belakang terbentuknya negara nasional Spanyol adalah sejalan dengan sentimen terhadap kekuasaan Islam di Spanyol sejak tahun 711 (abad 8 ) sampai 1492 ( abad 15) yaitu dinasti Ummayah yang berpusat di Cordoba (disebut pula Kalifah Barat). Konsolidasi Spanyol tercapai pada tahun 1469 setelah terjadi perkawinan antara Ratu Isabella dari kerajaan Kristen Castilia dengan Raja Ferdinand dari kerajaan Kristen Arragon. Pada tahun 1492 kota Islam yang terakhir yaitu Granada berhasil direbut mereka.
Kesatuan Spanyol pada waktu itu kurang utuh bila dibandingkan Perancis dan Inggris karena ada konflik Ras, agama, bahasa dan perasaan kebangsaan lokal.


b.
Portugal

Cikal bakal negara nasional Portugal merupakan Subvasal dari kerajaan Leon Castillia (Spanyol). Pada abad 14 yaitu tahun 1385 tentara Portugal dibantu Inggris memerangi Kerajaan Castilia dan kalah sehingga ambisi untuk menaklukan Portugis terhenti.


c.
Inggris

Nasionalisme Inggris tumbuh sejalan dengan pertentangan antara kaum bangsawan (Inggris) dan Raja Inggris (asal Perancis). Terjadi perang 100 tahun antara tahun 1337-1453 antara Raja Perancis melawan Vasalnya (raja Inggris) berakhir dengan lenyapnya daerah raja Inggris di Perancis. Era baru Inggris terjadi pada masa raya Henry VII Tudor. Ia Raja yang dapat memahami dan menghayati aspirasi rakyat Inggris. Keturunannya yaitu Henry VIII dan Elizabeth I dapat membawa Inggris pada suatu kedudukan yang sama dengan negera Eropa lainnya. Dalam perang armada tahun 1588 melawan Spanyol, Inggris bersekutu dengan Belanda dan unggul. Sejak itu kekuasaan maritim Inggris terus berkembang.


d.
Prancis

Negara Nasional Prancis dirintis sejak Lous IX dari dinasti Capet abad 13 yang berhasil memperluas Royal Domein meliputi separuh dari wilayah Prancis. Namun ada salah satu masalah yaitu pertikaiannya dengan Vasalnya yang kuat yang sekaligus adalah raja Inggris. Perang 100 tahun melawan Inggris yang telah disinggung di atas telah menumbuhkan sentimen nasional di Prancis. Kematian seorang pahlawan wanita Prancis bernama Joan d’Aarc ( Jeanne d’Arc) pada tahun 1431 telah menjadi faktor pemersatu. Pada mulanya perang bercorak perang feodal berakhir menjadi perang nasional. Sebagai penjelasan berikutnya dapat Anda baca uraian negara nasional Belanda berikut ini.


e.
Belanda

Yang dimaksud Belanda pada wakut itu meliputi Belanda selatan (Belgia) dan Belanda Utara (negeri Belanda sekarang). Kota-kota merdeka (city states) merupakan unit-unit politik yang independen meliputi 17 propinsi antara lain Antworpen, Brussel, Rotterdam, Utrech dan seterusnya. Pada masa pemerintahan Phillip II (1556-1598) menggantikan ayahnya yaitu Charles X Habsburg, Spanyol mengalami kejayaan dan wilayahnya termasuk Belanda dan Austria. Ia menganggap Belanda sebagai satelit Spanyol dan harus dimanfaatkan untuk kepentingan Spanyol. Iapun anti protestan yaitu agama yang dianut sebagian besar orang Belanda Utara. Maka pada tahun 1567 timbul pemberontakan terhadap kekuasaan Spanyol. Pada tahun 1580 Spanyol menutup pelabuhan Lisabon bagi pedagang Belanda (Apa dampaknya bagi Belanda?). Tahun 1581 Belanda Utara memproklamirkan diri sebagai Republik, namun tidak diakui oleh Spanyol baru pada tahun 1648 Spanyol mengakui Republik Belanda.

Sampai disini uraian mengenai terbentuknya negara-negara nasional di Eropa. Sebelum melanjutkan belajar pada materi pelajaran lain. Kini cobalah Anda mengikuti permainan kata yang tersedia pada papan kata (word square) di bawah ini dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut .
1.
Carilah 5 nama tokoh dan 5 nama tempat yang terdapat pada papan kata di awah ini (mendatar, menurun dan menyamping)
2.
Berilah keterangan dari masing-masing tokoh dan tempat tersebut.


  
 


Selamat mencoba.

Apakah Anda sudah menemukan dan menjelaskan nama-nama tokoh dan tempat tersebut? Tidak sulit bukan? cobalah cocokkan hasil pekerjaan Anda dengan uriaan di bawah ini.
1.
Lima tokoh yang tertera pada word square itu ialah:

a.
Henry adalah nama raja Inggris dari keluarga Tudor yang dapat memahami aspirasi rakyatnya. Raja Inggris yang terkenal adalah Henry VII dan VIII.
b.
Isabella ratu dari Castillia yang menikah dengan Ferdinand dari Arragon mampu membawa kemajuan Spanyol. 
c.
Philip adalah raja Spanyol pengganti Charles V Habsburg yang juga menguasai Belanda.
d.
Ummayah adalah nama dinasti yang berkuasa di Spanyol antara abad 8-15.
e.
Jeanne adalah pahlawan wanita dari Prancis yang gigih dalam perang 100 tahun melawan Inggris kematiannya menguatkan persatuan Perancis.


2.
Lima tempat yang tertera pada word square ialah

a.
Cordoba: benteng/kota terakhir yang diduduki/jatuh ke tangaan Spanyol tahun 1492 sehingga kekuasaan dinasti Ummayah berakhir.
b.
Leon Castillia adalah salah satu kerajaan Spanyol yang wilayahnya juga meliputi Portugis.
c.
Inggirs: adalah salah satu negara nasional di Eropa Barat yang dapat menggeser kedudukan Spanyol sebagai negera maritime terkuat di Eropa.
d.
Utrech adalah salah satu propinsi dari negara Belanda
e.
Arrogon salah satu kerajaan di Spanyol dipimpin oleh Raja Ferdinand.


Bagaimanakan perkembangan kehidupan negara-negara nasional di Eropa antara abad 16-18 dalam bidang ekonomi?
Negara-negara nasional Eropa menjalankan politik merkantilisme yaitu paham yang melaksanakan kegitan perdagangan yang diatur sepenuhnya oleh negara untuk memperoleh neraca perdagangan yang aktif. Keuntungan perdagangan diwujudkan dalam bentuk logam mulia(emas) sebanyak mungkin sebagai ukuran kekayaan, kesejahteraan dan kekuasaan negara (Raja).
Bagi negara-negera yang menjalankan merkantilisme perencanaan perekonomiannya diatur sebagai berikut:
1. Berusaha memiliki logam mulia sebanyak-banyaknya
2. Menggalakan perdagangan luar negeri untuk melengkapi perdagangan dalam negeri.
3. Menggalakkan kegiatan industri yang mengubah bahan baku menjadi bahan jadi untuk  diekspor.
4. Menggalakan pertambahan penduduk sebab banyak tenaga kerja yang banyak diperlukan untuk industri.
5. Negara mengawasi perkembangan perekonomian dan ikut campur bila dianggap perlu.
Yang membedakan praktek merkantilisme antar negara adalah taraf kemajuannya, pengaruh lingkungan, bakat serta aspirasinya. Misalnya Inggris dan Belanda mengembangkan perniagaan luar negeri yang melahirkan pelayaran niaga dan politik kolonial.
Pada uraian berikut ini dapat Anda baca mengenai praktek merkantilisme di tiap negara-negara Eropa yaitu:
a.
Prancis

Merkantilisme di Prancis dilaksanakan oleh menteri keuangan pada masa raja Louis XIV (1661-1715) yang bernama Jean Baptiste Colbert. Sehingga merkantilisme Prancis sering disebut Colbertisme. Untuk melindungi produksi dalam negeri diadakan larangan impor barang yang dapat dihasilkan sendiri atau dikenakan pajak yang tinggi. Langkah kedua adalah menggalakan ekspor dengan pajak ringan atau bila perlu bebas pajak. Dampak Colbertisme adalah Prancis menjadi negara yang kuat dan maju perekonomiannya serta mendorong kekuasaan raja yang absolut sampai dengan abad 18.


b.
Inggris

Merkantilisme di Inggris dimulai pada masa pemerintahan Henry VII (1485- 1509) dan meningkat pada masa ratu Elizabeth I (1558-1603). Dalam bidang industri Elizabeth I mengeluarkan peraturan wajib memakai topi dari laken/wol bagi mereka pada hari minggu untuk ke gereja. Rakyat juga wajib makan ikan pada hari-hari yang ditentukan. Dengan peraturan tersebut maka produksi nasional akan memperoleh pasaran di Inggris. Ratu Elizabeth I juga meningkatkan pelayaran niaga Inggris. Pada tahun 1588 terjadi perang armada di selat kanal besar antara armada gabungan Inggris dan Belanja melawan Spanyol dan Inggris menang. Mulailah pelayaran pantai direbut Inggris dan Belanda. Mengapa merkantilisme di Inggirs dapat berjalan lancar?  Beberapa faktor pendukungnya adalah :
- Stabilitas pemerintahan
- System gilda telah pudar
- Letak geografis yang strategis
- Kekayaan alam melimpah berupa bahan dasar industry
- Tekad rakyat.
Merkantilisme di Inggris semakin kuat karena pemerintah banyak memberi dorongan dan perlindungan antara lain dengan keluarnya Act of Navigation oleh Oliver Cromwell tahun 1651 berisi:
1.
Barang-barang dari daerah jajahan hanya boleh diangkut oleh kapalkalap Inggris.
2.
Barang-barang Eropa untuk Inggris hanya boleh diangkut dengan kapal-kapal Inggris atau kapal-kapal dari negara asal barang tersebut.
3.
Pelayaran pantai hanya diperbolehkan untuk kapal-kapal Inggris.
Act of Navigation menyebabkan pukulan berat bagi armada Belanda dan semakin memperuncing persaingan perdagangan EIC (Inggris) dengan VOC (Belanda) di negeri jajahan.


c.
Prusia

Perekonomian Prusia pada abad 16 tertinggal jauh dibandingkan dengan negara lain. Problema Prusia sebagai negara agraris pada waktu itu tentu berbeda dengan Inggris dan Belanda sebagai negara pantai karena sebagian besar produksinya adalah hasil pertanian. Pada awal abad 17 terjadi perang agama selama 30 tahun sehingga produksi merosot. Usaha yang dilakukan pemerintah Prusia adalah :

1. emigrasi dilarang/dipersulit.
2. imigrasi dianjurkan (pemodal dari luar diterima dengan terbuka).
3. mendirikan pabrik-pabrik yang dikelola negara Merkantilisme di Jerman disebut Kameralisme.

Istilah kameralisme berasal dari kata Camera yang berarti kas raja. Tindakan merkantilisme dilakukan dengan memungut pajak untuk mengembangkan perekonomian serta menggalakkan perusahaan dagang yang beroperasi di negeri jajahannya. Yaitu Guineia di Afrika. Prusia kelak berperan menjadi motor yang mempersatukan beberapa kerajaan menjadi negara kesatuan Jerman tahun 1871. Selain ketiga negara tersebut, masih adakah pelaksanaan merkantilisme di Eropa? Negara Eropa lainnya yang melaksanakan merkantilisme adalah Spanyol di bawah pemerintahan raja Charles V serta Belanda di bawah Prins Maurits. Belanda berusaha menguasai jalur pelayaran niaga dan pembangunan armada lama yang berpotensi untuk jasa pengangkutan. Reaksi terhadap merkantilisme adalah lahirnya para pemikir yang menganjurkan adanya kebebasan berusaha bagi setiap orang seperti yang diutarakan oleh Adam Smith dengan semboyan laisssez Faire, laissez Faire (bebas memproduksi serta bebas memasarkan).
Sampai di sini apakah Anda sudah paham? untuk menguji pemahaman Anda tentang merkantilisme kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan seksama.

I. Carilah pasangan yang sesuai dari pernyataan no. 1 – 6 dengan menuliskan pilihan jawaban antara A sampai F pada kolom yang tersedia.

   

II. Berikan tanda cek pada kolom B jika pernyataan betul dan kolom S jika pernyataan salah dengan alasan masing-masing.


















Setelah Anda menyelesaikan laithan soal di atas kemudian cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban berikut ini :

I.     1.   C                     3.   A                     5.   D                    
       2.   F                     4.   B                     6.   E
II.
1.
S
Kameralisme berasal dari camera-kas raja

2.
B
Negara tidak hanya ikut campur bahkan sepenuhnya mengatur kegiatan perdagangan untuk memperoleh keuntungan sebesarbesarnya dalama bentuk logam mulia.

3.
B
Tiap negara menginginkan dapat mengumpulkan logam mulia sebagai ukuran kekayaan kesejahteraan dan kekuasaan negara/ raja.

4.
B
Merupakan monopoli pelayaran agar keuntungan jatuh ke tangan sendiri.

5.
S
Yang digalakkan adalah ekspor lebih besar dari impor (perdaganganaktif)

6.
S
Merkantilisme merupakan kegiatan perdagangan yang dimonopoli oleh negara sehingga pengusaha tidak memiliki kebebasan.

Bagaimana jawaban Anda apakah sudah sesuai? Jika sudah sesuai berarti Anda telah selangkah lebih maju. Kini lanjutkanlah menyimak materi pelajaran tentang Reformasi Gereja.


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Wanto Template | Find The World
Copyright © 2013. Find The World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Published by Mas Wanto
Proudly powered by Find The World