Headlines News :
Home » » Daftar Istilah

Daftar Istilah

Written By Mas Wanto on 14 Oktober 2012 | Minggu, Oktober 14, 2012





DAFTAR ISTILAH

Absolutisme : bentuk pemerintahan tanpa undang-undang dasar, semua kekuasaan terletak di tangan penguasa (raja, kaisar dan sebagainya)

Benteng stelsel : sistem pertahanan yang diciptakan Belanda untuk mempersempit gerak perlawanan Diponegoro (1825-1830) dengan cara mendirikan benteng di setiap daerah yang didudukinya.

Bufferstate : sebutan untuk daerah penyangga/pemisah antara dua daerah jajahan yang berbeda penjajahnya untuk menghindari sengketa. Contoh : Aceh penyangga jajahan Inggris di Malaya dengan Belanda di Bengkulu.

Code Napoleon : Kitab hukum yang disusun pada masa Napoleon Bonaprte terdiri dari kitab hukum pertada, pidana dan dagang. Pengaruh Code Napoleon sampai di Indonesia sejak pemerintahan H.D. Daendels.

Cultuur Procenten : merupakan bonus/hadiah bagi para petugas pelaksana tanam paksa berupa bagian/jprosentase dari Cultuur/tanaman yang dapat disetorkan ke pemerintah Belanda dari tanah para petani.

Demokrasi : sistem pemerintahan yang melibatkan rakyat melalui para wakilnya untuk memerintah. Lebih terkenal dengan semboyan = pemerintahan dari , oleh dan untuk rakyat.

Eksturpasi : merupakan tindakan VOC berupa penebangan pohon rempah-rempah rakyat di Maluku dan sekitarnya untuk mempertahankan agar harga jual tidak merosot.

Emigrasi : pindah dari tanah air sendiri ke negeri lain untuk tinggal menetap di sana.

Feodalisme : sistem sosial dan politik yang memberikan kekuasaan yang besar kepada golongan bangsawan (pada abad pertengahan di Eropa terdiri dari tuan tanah).

Imigrasi : perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain untuk tinggal menetap di sana.

Latifundia : sistem ekonomi tertutup, berupa lahan luas yang dimiliki seorang tuan tanah kaya, memiliki para tenaga penggarap menghasilkan dan mencukupi kebutuhan sendiri.

Manufaktur : kegiatan ekonomi dengan memproduksi barang mengguankan alatalat produksi secara manual/tenaga manusia. Kegiatan ini mempercepat lahirnya industrialisasi di Inggris.

Marsose : korps yang dibentuk pemerintah Hindia Belanda tahun 1890 untuk tugas kepolisian dan membantu tugas kemiliteran. Dikerahkan untuk menghadapi perang Aceh dan Tapanuli.

Merkantilisme : sistem ekonomi yang bertujuan meningkatkan kekayaan negara dan kebijakannya diatur sepenuhnya oleh pemerintah, untuk mendapatkan logam mulia (emas) sebanyak-banyaknya melalui berbagai cara misalnya monopoli perdagangan.

Oktroi : hak istimewa dari pemerintah diberikan kepada badan atau orang untuk memproduksi atau memperdagangkan barang - menyerupai hak paten.

Reconquesta : semangat menaklukkan atau menguasai daerah bangsa lain.

Reformasi : perubahan yang mendasar dalam bidang tertentu (politik, sosial, agama) dalam suatu masyarakat atau negara.




Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Wanto Template | Find The World
Copyright © 2013. Find The World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Published by Mas Wanto
Proudly powered by Find The World