Headlines News :
Home » » ANALISIS TENTANG KEMUNDURAN DAN KELEMAHAN KAUM MUSLIMIN SEBAB DAN SOLUSI PEMECAHANNYA

ANALISIS TENTANG KEMUNDURAN DAN KELEMAHAN KAUM MUSLIMIN SEBAB DAN SOLUSI PEMECAHANNYA

Written By Mas Wanto on 7 Juli 2012 | Sabtu, Juli 07, 2012

 ANALISIS TENTANG KEMUNDURAN DAN KELEMAHAN KAUM MUSLIMIN


بسم الله الرحمن الرحيم

PENGANTAR

Segala Puji hanya milik Allah, kita memuji-Nya, meminta pertolongan dan mohon ampunan kepada-Nya. Dan kita berlindung kepada Allah dari kejelekan-kejelekan jiwa kita, dan keburukan-keburukan amalan kita. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang mampu menyesatkannya. Dan barang siapa yang disesatkan-Nya maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Apa Penyebab Kemunduran dan Kelemahanan  Kaum Muslimin?

            Suatu hal yang sudah diketahui oleh kebanyakan kaum muslimin, demikian juga oleh sebagian besar non-muslim, bahwa umat dan daulah Islam terdahulu adalah bangsa yang paling kuat dan mulia di belahan dunia, sekalipun mereka adalah penduduk minoritas di atas muka bumi ini. Hal ini berlangsung selama bertahun-tahun dalam waktu yang panjang, tanpa ada seorangpun yang menentang tentang hal ini. Adapun sekarang! Telah berubah menjadi negara-negara Islam yang kecil, lemah, buminya di serang, sebagian besar dirampas di bawah penjajahan pemikiran dan kekuatan pasukan, menjadi ekor bagi  bangsa di luar Islam.
      Kebanyakan dari Kaum Muslim  tidak memahami faktor utama penyebab kelemahan, keterbelakangan, serta takluknya kaum muslimin di hadapan negara-negara kafir. Mereka pun merancang program untuk memecahkan masalah ini kemudian berjalan di atasnya, dengan dugaan kejayaan kemuliaan dan kekuasaan kaum muslimin di abad-abad pertama akan terwujud dengan langkah yang mereka tetapkan. Akan tetapi hal yang sebenarnya, mereka telah salah jalan, walaupun sebagian besar dari mereka melakukannya dengan ikhlas untuk memperbaiki keadaan kaum muslimin dalam mengembalikan kejayaan dan kemuliaan kaum muslimin seperti dahulu.
            Seorang doktor muslim menulis di salah satu surat kabar yang peduli dengan urusan-urusan Islam dan kaum muslimin, dengan perkataannya:
“ Sesungguhnya negara-negara yang akan jaya dan mulia adalah negara dengan teknologi yang maju.....” (Majalah: Jazirotul Muslimun, edisi 265, 5-8 Sya’an 1410, Artikel dengan judul: Perubahan-perubahan pada dunia sembilan puluhan”
            Dia lupa akan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

[ ولله العزة ولرسوله وللمؤمنين ] المنافقون: 8
            Artinya:          
“ Padahal kekuatan itu hanyalah bagi Allah, bagi Rasul-Nya dan bagi   orang-orang mukmin”(QS: Al-Munafiqun: 8)

Sekarang Anda akan bertanya kepada saya: Jika bukan hal ini yang menyebabkan  kelemahan dan kemunduran kaum muslimin, lalu apa?

            Saya katakan ( hanya kepada Allah saya meminta pertolongan). Allah  Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
[ فإن تنازعتم في شيئ فردوه إلى الله والرسول إن كنتم تؤمنون بالله واليوم الآخر...]
النساء: 59
            Artinya:
“ Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Quran) dan Rasul (As-Sunnahnya), jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian ...” (QS, An-Nisaa: 59)

            Dan inilah yang kita inginkan dan kita tuju, yaitu menjelaskan sebab-sebab kelemahan dan kekalahan kaum muslimin insyaa Allah, berdalil dengan Al-Quran dan sunnah Rosul-Nya Shollallahu alaihi was sallam. ( Sebagian orang menggunakan ungkapan “ kelemahan Islam” atau yang serupa, ini adalah penggunaan yang salah. Islam adalah agama Allah yang tegak, tidak lemah dan tidak kalah. Akan tetapi kelemahan itu terjadi pada kaum muslimin atau orang yang mengaku dirinya muslim).

Baca Selengkapnya di sini

Source : Maa hua sababu taholufil muslimiin wa dho’fihim?”. oleh Joko Pamungkas. Kementerian Penerangan Dammaam No. 454 tanggal 9/2/1411 Cetakan Pertama tahun 1411 H
 
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Wanto Template | Find The World
Copyright © 2013. Find The World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Published by Mas Wanto
Proudly powered by Find The World